HomeTutorial BlogUpdate Google Sitelink Untuk Blogermie

Update Google Sitelink Untuk Blogermie

Update Google Sitelink Untuk Blogermie – Rasanya mustahil sekali apabila blog ini mendapat site link dari mbah google. Dirasa tak mungkin terjadi, memang begitulah adanya. Kejadian ini berlangsung 2 Hari yang lalu, Alhamdulillah begitu saya mencoba dengan iseng mengetik “Blogermie”, akan muncul serp seperti ini:

Google Sitelink

Dibilang gampang sih, memang iya, Saya sendiri rela menunggu 1 tahun lamanya untuk mengerti apa yang dimaksud Google sitelink dan cara mendapatkannya.

Bahkan banyak para senior blogger yang khawatir tidak kebagian sitelink dari google. Diperkirakan hanya blog dan website berpotensi besar dipengaruhi oleh statistik kunjungan dan selalu fresh dengan artikel-artikel baru.

Disamping itu, situs yang dianggap memberikan kemudahan jawaban dari setiap kata kunci yang mendekati akuratlah yang bisa mendapatkan apresiasi ini.

Sitelink Bersifat Dinamis

Saya berbicara garis besar bahwa site link tidak hanya diberikan semata-mata karena situs/blog disukai google dengan mudah. Dari hasil analisa surfing, tenyata ada beberapa blog yang sudah mendapatkan sitelink dengan waktu yang relatif singkat. Walaupun beberapanya masih seumur jagung.

Hal ini dikarenakan peraturan dan beberapa alogaritma google yang berubah-ubah sewaktu-waktu. Kalau dulu ada google panda, diikuti dengan google sandbox,sekarang ada istilah baru google penguin. Entah di chapter berikutnya, apakah nantinya akan muncul “Google Tomcat”..heheh.


Dari pembenahan seperti alogaritma diatas nantinya akan membawa pengaruh pula pada situs-situs yang nice dan banyak menyedot pengunjung menjadi syarat mutlak mendapatkan sitelink dari google. Sebut saja seperti 4shared.com, Cnet.com.

Tetapi itu dulu, sekarang situs dengan trafik sedang – sudah mampu dan berpeluang mendapatkan kepercayaan dari google. Walaupun sitelink tidaklah menjamin dinamis.

Google Sitelink Vs Pagerank

Nah, Kalau disuruh memilih Update Google Sitelink ketimbang Google PR, mending saya memilih Sitelink-nya saja.

Bicara tentang Google PR yang erat kaitannya dengan aktivitas menulis, hal tersebut juga berpengaruh dengan naik turunnya Pagerank, tergantung bagaimana ketelatenan kita untuk selalu up2date artikel secara konsisten.

Akan Tetapi kalau sudah bicara sitelink, mustahil rasa-rasanya kita mendapatkan kesempatan tersebut. Jika-pun suatu blog sudah mendapatkan sitelink dari google, resikonya juga tak seburuk Google pagerank yang mudah anjlok sewaktu-waktu.

Meskipun tidak diharuskan update artikel, sitelink bersifat permanen. Cukup membuat beberapa artikel yang terencana. Dengan persiapan niche keyword berkualitas, trafiic kunjungan yang berasal dari mesin pencari, juga dapat memicu peluang mendapatkan sitelink.

Google sendiri tidak menjelaskan secara gamblang cara mendapatkan sitelink | Google sitelink, tapi tercetus sebuah pernyataan seperti ini:

We only show sitelinks for results when we think they’ll be useful to the user. If the structure of your site doesn’t allow our algorithms to find good sitelinks. Or we don’t think that the sitelinks for your site are relevant for the user’s query. We won’t show them – https://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=47334

Dari pernyataan diatas, kita tahu google betul-betul selektif dengan situs yang benar-benar berkualitas. Oleh sebab itu penting sekali konten yang bermanfaat untuk mendapatkan posisi bagus di search engine.

Oh ya. Saya sendiri lebih menyarankan untuk terus memantau selalu Tool Google webmaster / Google Search Console milik sobat. Jika ada kesalahan, bisa dengan cepat di antisipasi. Terlebih jika terdapat struktur navigasi blog/website kita yang sedang bermasalah.

Nah bagaimana menurut asumsi sobat? monggo dijawab dalam hati, karena ini hanya pendapat.pribadi
Semoga bermanfaat

error: Content is protected !!