HomeLiteraturSangkal Putung Sumput Hj. Fatimah/H.Saderi – Ortopedi
sangkal-putung-sumput-sidoarjo

Sangkal Putung Sumput Hj. Fatimah/H.Saderi – Ortopedi

“Ketika terapi ortopedi dan cabang rekam medis tidak dipilih orang. Lantaran tak cukup menjanjikan kepuasan dan tarif, maka cabang pengobatan alternatif seperti sangkal putung sumput Hj. Fatimah/H.Saderi, layak menjadi pilihan.”

Ramai, dan penuh dengan antrian. Itulah yang Saya rasakan untuk pertama kalinya. Ketika berkunjung ke klinik pengobatan sangkal putung h. saderi / hj. fatimah kabupaten sidoarjo, jawa timur.

Alamat sumput sangkal putung hj fatimah berlokasi di Jl. Raya Sumput, RT.11/RW.03, Sumput, Kec. Sidoarjo, Jawa timur 61228. Dengan infrastruktur rumahan. Halaman parkir seluas 15×10 Meter²-nya terhampar luas. 

Klinik sangkal putung H. Saderi juga terkenal teduh. Di bawah rindang-nya pepohonan nangka yang tertata apik, kliniknya hampir tidak mencolok jika dilihat dari luar. Aula + ruang tunggu yang menjorok ke dalam, sekilas sulit dibedakan dengan rumah warga di dekatnya.


GEOGRAFIS SUMPUT SANGKAL PUTUNG H.SADERI


Halaman Parkir Sangkal Putung H.Saderi
Halaman Parkir yang luas Terapi Sangkal Putung H.Saderi

Posisi Klinik Sangkal Putung Hj. Fatimah Sidoarjo/HJ. Saderi, berhadap-hadapan langsung dengan KOMPI KAVALERI 3, sebuah area militer Markas Komando Angkatan Darat.

Sebelum melintas ke Lokasi tujuan. Di sepanjang jalan raya Sumput sambil menoleh ke-kiri, saya mendapati banyak sekali tanda penunjuk tentang layanan pengobatan yang sama.

Mitos Filosofi “SANGKAL PUTUNG” H. Saderi / Hj. Fatimah


Dari dahulu hingga sekarang, Desa Sumput sudah terkenal sebagai kawasan sentra pengobatan patah tulang.

Entah bagaimana hal tersebut terjadi. Hingga banyak warga Sumput yang memang kebanyakan berprofesi sebagai tukang pijat dan urut, ikut bersama-sama membangun prestige. Bahwa penyedia pengobatan alternatif patah tulang adalah yang pertama dan sudah lebih dahulu ada di desa ini. Salah satunya terdapat pada sosok Almarhum Haji Saderi.


Konon menurut cerita pakde juru parkir, H Saderi adalah tokoh pemuka agama yang memiliki beragam keahlian. Bukan hanya kemampuan terapi sangkal putung, mengobati patah tulang yang diwariskan secara turun-temurun. Beliau juga memiliki kemampuan supranatural yang tergolong tak biasa.

Semendiang masih hidup, ada cerita yang sempat membuat warga kampung Sumput geger.

Waktu itu, beliau (*Almarhum H. Saderi) kena hukuman fisik dari salah seorang komandan batalyon AD, lantaran melanggar rambu larangan yang diberikan. Mengingat kediaman beliau memang tidak jauh dari Markas komando Angkatan darat.

Sepulangnya menjalani proses hukuman, tiba-tiba saja sejumlah anggota militer angkatan darat di markas tersebut mengeluh mual-mual dan buang hajat berkepanjangan.

Menutup ketidaktahuan komandan batalyon waktu itu, yang mengira H. Saderi adalah orang umum. Sehingga dapat dengan mudah dikenai sangsi fisik seenaknya tanpa melakukan perlawanan. Maka, permintaan maaf, untuk secepatnya dibuat.

Secara pribadi, Komandan AD tersebut mendatangi kediaman H. Saderi demi mengungkapkan penyesalan yang telah dilakukan.

Alhasil sejak kejadian itu, banyak yang menghormati keberadaan H. Saderi sebagai Ulama sakti. Dengan berduyun-duyun mencari ilmu dan berguru kepada beliau, itu tandanya; misi sosial harus tetap terjaga dan diteruskan sampai sekarang.

Sehingga banyak cabang alternatif yang membuka pengobatan serupa. Itu terjadi kira-kira tahun 80 atau 90-an.

Jadwal Praktek Sangkal Putung Sumput Sidoarjo


HARIJAM BUKA PRAKTEK
SENIN06 : 00 – 14 :30 WIB
SELASA 06 : 00 – 14 :30 WIB
RABU 06 : 00 – 14 :30 WIB
KAMIS 06 : 00 – 14 :30 WIB
JUMATTUTUP
SABTU 05 : 30 – 14 :30 WIB
MINGGU 05 : 30 – 14 :30 WIB

Terapi “Ajaib” Seperti apakah Sumput Sangkal Putung ini?

Secara testimoni, banyak sekali keluhan yang teratasi dari jasa yang ditawarkan beliau. Anda boleh percaya maupun tidak, mekanisme pengobatannya-pun tidak menggunakan jalan medis, layaknya berobat patah tulang ke dokter spesialis orthopedi. Hampir dikatakan telak, lantaran….

1 komentar untuk “Sangkal Putung Sumput Hj. Fatimah/H.Saderi – Ortopedi”

  1. Ping-kembali: Program Diet Yang Benar Itu, seperti Apa Sih? » Blogermie™

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!