Bencana Gempa Bumi, Bukti Alam Yang Tak Ingkar Janji

Sejak BMKG menyatakan berstatus Siaga 1, yang bisa sangat beresiko menjadi Gempa Bali di pertengahan tahun 2017 kemarin. Terakhir pula tersiar kabar, bencana susulan berupa gempa. Baru saja terjadi di beberapa titik Nusantara seperti Riau, Malang, dan Nusa tenggara. Dilansir BMKG untuk prediksi 2018 yang jatuh pada tahun ini.

GEMPA DI INDONESIA

Selaku penulis dan Penganalisa, Saya tak menghitung seberapa banyak dan seberapa jelas total kerugian yang diakibatkan. Taksirannya bukan terletak pada kerugian harta benda dan ekonomi. Melainkan kerugian emosional dan fikiran. Karena justru disitulah, beban mental akan sangat terkuras demi terciptanya simpati global secara kemanusiaan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memperingatkan akan adanya perubahan suhu yang dibilang ekstrem di wilayah terdekat khatulistiwa. Dan ini sudah terjadi di Puncak Dieng.

Suhu udara dingin yang melanda sejumlah titik dataran tinggi, adalah yang terekstrem dalam sepekan terakhir. Di Sumatera, Jawa, Kalimantan Bali dan Irian, akibat pergeseran udara di Asia yang kini berstatus menjadi lebih dingin. Seolah sedang terjadi Pertukaran Musim di penjuru Bumi


Bencana Gempa & Awal Datangnya Fenomena Susulan

Memang, bencana sekecil apapun tetaplah bencana. Hanya manusia yang mengalaminya-lah yang pantas tahu. Pantas mengerti arti kegetiran hidup sebagai korban. Termasuk kehancuran hati ketika ditinggal sanak famili. Dari kerugian material dan moril, yang kesemuanya itu merupakan fasilitas hidup mereka sendiri.

Sebatang pohon dan rumput teki yang terinjak-pun pantas di sikapi. Ia potensial menjadi bencana kebudayaan. Disaat manusia mulai tahu kesadaran diri demi menggunakannya untuk kepentingan ibadah, kesenian, dan piranti spiritual.

Sayangnya ketika alam sudah terlanjur “murka”, kita baru berharap akan datangnya perubahan. Kita terlambat menyadari hal itu.

Baca Juga : Virus Corona, 7 Fakta Skeptis yang mengancam kelangsungan hidup Manusia
error: Content is protected !!