Bayar Pajak Motor Ganti Plat Samsat Krian, Cara Mudah!

Kekurangan Pajak STNK Online ?


Lemahnya STNK online, dianggap kurang fleksibel bagi sebagian kalangan. Karena masih tersisa 1 tanggungan lagi. Yakni: Usai mentransfer biaya pajak STNK, wajib pajak masih di haruskan mengambil hasil cetak STNK yang telah berstempel resmi, ke Samsat.

Tidak ada kelebihan yang cukup signifikan jika dibandingkan mengurusnya sendiri ke samsat. Tanpa harus dilalui 2 kali proses, disertai mondar-mandir seperti yang terdapat pada sistem online.

Kalau toh sama-sama diharuskan menuju ke Samsat, metode pengurusan konvensional dengan sistem tunai, tetap menjadi 1 konsep yang menarik. Hingga saat ini-pun, cara tersebut masih banyak dipertahankan orang.

Sehingga wajar, apabila Pajak kendaraan bermotor online atau disingkat (PKB) online, sering menuai dilema. Terutama bagi masyarakat Sidoarjo seperti saya, yang belum begitu familiar dengan internet. Daripada melakukan upaya 2 kali kerja.


Samsat Terdekat Untuk Regional Sidoarjo


Di Sidoarjo, terdapat 2 titik lokasi yang dapat dipakai sebagai acuan ketika ingin mengurus cek pajak kendaraan bermotor secara konvensional. Yakni Samsat Corner Sun City Mall dan Samsat Krian.

Di Kawasan Sidoarjo Selatan, terdapat Samsat Corner Suncity Mall. Tempat ini lebih bernuansa elegan, karena sudah masuk lingkup centra pusat belanja moderen.

Orang yang segan berkunjung kesini, idealnya tidak semata-mata mata keinginan mengurus pajak motor tahunan saja. Perpanjangan SIM juga diterima.

Pelayanan Samsat Corner Suncity Mall, cukup di nilai mentereng karena lokasinya berada di pusat kota. Ruangannya ber-ac & diklaim praktis. Namun tak lantas Samsat Corner Suncity Mall dinilai memiliki kelebihan, tanpa keterbatasan juga.

Terkadang, kepuasan ” wajib pajakers “ , harus terbayar percuma, lantaran akuntebilitas Samsat yang masih simpang siur. Wajib pajak harus berangkat lebih dini kalau tak ingin mengantre, karena kuota pengunjung yang terbatas.

Jam operasionalnya juga kadang tak jelas.

Kadang Jam 10 siang, sudah tutup. Ealah berasa serba salah. Kalau tidak tahu betul rute perjalanan dan geotag, di jamin kita bakalan plonga-plongo. Jadwal pelayanan juga tak rutin buka tiap hari.


Loyalitas Samsat Krian yang sungguh sangat berbeda. Menempati kawasan Sidoarjo barat, letak Samsat krian, lebih dekat jangkauannya.

Dengan denah bangunan yang tak seberapa, menjadikan Samsat Krian sebagai “bahan” studi kelayakan tersendiri bagi saya.

12 komentar untuk “Bayar Pajak Motor Ganti Plat Samsat Krian, Cara Mudah!”

    1. Ganti Plat Nopol kendaraan, berarti sama dengan pajak 5 tahun. Seharusnya memang wajib menyertakan surat kuasa jika orangnya tidak bisa hadir mendampingi

    1. Hai Pak Rudi, untuk persyaratan mengambil BPKB sbb:

      • Harus melampirkan 2x Foto Copy KTP
      • Harus melampirkan 2x Foto Copy pajak motor tahunan yang terbaru / yang sudah dibayar hari ini
      • Harus menyertakan 1 buah BPKP asli untuk di salin

      Semoga membantu 🙂

  1. Jika
    Ngurus ganti pemilik : dr nama pemilik suami ke isteri dng.alamat tetap, pd saat pengurusan ganti plat ( 5 THN ), apa saja syarat yg diperlukan. Saya mohon penjelasan, terima kasih infonya.

    1. Hai Pak Hugeng. Pengurusan Pajak motor 5 tahun, Selagi masih dalam 1 domisili yang sama (1 KK, 1 RT ), tidak usah menyertakan surat kuasa. Bisa langsung diwakilkan.
      Atau biar tidak bimbang, istrinya diseret saja untuk berkenan mendampingi 😛

      Syarat :

      1. KTP Asli
      2. BPKB Asli
      3. STNK pembayaran terakhir, Asli

      Semua berkas ini dibawa saja, lantas di fotokopi.
      Untuk fotokopi nanti, bisa langsung menuju ke koperasi untuk diserahkan. Bilang saja ke bapak petugas fotokopi untuk keperluan ganti plat. Beliaunya sudah paham kok.
      Setelah di bendel dalam 1 dokumen, lantas ikuti arahan dari petugas cek fisik untuk melengkapi 1 blangko cek fisik, dst. Tinggal mengikuti alurnya saja kok pak. 🙂

    1. Motor saya kelahiran 2006. Merek Supra X 125 Double Disk prematur, yang sampai sekarang masih saya pake. Terakhir cabut bendel + Balik nama + pajak tahunan 2016 kena 500an, ngurus sendiri.

      Tahun 2018 ganti plat 5 tahunan kena 390-an. Berhubung di selipin pajak retribusi, tarifnya menjadi 420 xxx.
      Sekarang parkir berlangganan tidak ada. Entah mungkin hanya pergantian istilah saja.
      pajak motor 5 tahunan samsat krian tahun 2018

  2. Ganti plat atas nama orang laen tapi boleh pinjem KTP.na apa saja syarat.na….apa bisa ganti plat dikrian….klu balik nama sekitar hbiz berapa

    1. Hai Pak Haikal 🙂
      Maksudnya ganti plat atas nama orang lain disini: ” Bukan Bea Balik Nama Ya ” ? .
      Kalau kendaraannya masih dalam 1 kabupaten, langsung diurus bisa. Persyaratannya sama, seperti yang tertulis diatas.

      Tapi kalau ganti plat + balik nama yang nama kepemilikannya beda kabupaten/ Ingin mutasi, harus disertai cabut bendel dulu di samsat lama. Tempat kendaraan itu berasal. Agar dibuatkan surat pengantar dari samsat lama.

        Syaratnya, balik awal lagi ke samsat lama. Bilang saja mau mutasi. Sambil melampirkan berkas ini :

      1. › Surat kuasa
      2. › KTP pihak pertama foto kopi
      3. › KTP pihak kedua Foto kopi
      4. › Faktur pajak + BPKB,
      5. › STNK terakhir

Komentar ditutup.

error: Content is protected !!