HomeLOKALlayanan publikBayar Pajak Motor Ganti Plat Samsat Krian, Cara Mudah!

Bayar Pajak Motor Ganti Plat Samsat Krian, Cara Mudah!

JADWAL BUKA SAMSAT KRIAN


NOMER TELPON SAMSAT KRIAN ( 031 ) – 8972745
HARIJAM BUKA
SENIN08:00 – 13:00 WIB
SELASA08:00 – 13:00 WIB
RABU08:00 – 13:00 WIB
KAMIS08:00 – 13:00 WIB
JUMAT08:00 – 11:00 WIB
SABTU08:00 – 12:00 WIB
MINGGUTUTUP

Untuk menyiasati waktu bagi mereka yang terhimpit kesibukan, perlu juga dijadikan perhatian. Apabila Jam buka Samsat Krian memulai operasionalnya dari hari Senin-Sabtu.

Sejauh pemantauan Saya jika ditanya teman-teman sewaktu mengurus stnk mati 5 tahun: samsat krian buka jam berapa ?… maka, Jam 08.00 WIB – 13.00 WIB adalah waktu yang efektif.

Kecuali jika Anda ingin sekalian mampir ke pasar sapi, yang tak jauh lokasinya. :-p


Jika dilihat secara subjektif melalui managerial, kebijakan, dan jam “terbangnya“. Kini samsat Krian lebih Welcome melayani masyarakat.

Tenggat waktu, bebas diberikan kepada pengguna yang terhalang aktivitas. Sama sekali tak mengganggu kinerja pelayanan Samsat Krian.

Setidaknya tiap kali dalam setahun, saya berkunjung kesini. Tidak terdapat satupun kesimpang siuran yang berarti. Karena Jam kerja samsat krian, menyesuaikan dengan hiruk-pikuknya warga sidoarjo. Yang kebetulan letaknya bersebelahan dengan pasar krian.

Bagi pengguna yang terkendala rutinitas harian-pun. Mau berangkat pagi, siang kek. Niscaya semua tetap terlayani dengan baik.

Yang berkepentingan mengurus pajak tahunan maupun ganti nopol, Jam loket ambil BPKB di Samsat Krian juga berlaku di jam-jam itu.

Jadi saran saya, bagi Anda yang kebingungan akan kinerja samsat krian, mulai buka jam berapa, alangkah baiknya berangkat lebih awal.


Managerial Pelayanan Samsat Krian Sidoarjo Yang Makin Mumpuni


Kalau di tahun 2013 lalu, para wajib pajak kendaraan bermotor diharuskan mengantre. Berderet panjang melingkari ruas bangunan Samsat. Disertai saling berpegangan tangan dengan motornya pula. Alur mengurus pajak 5 tahunan di Samsat Sidoarjo berasa mirip Teletubbies.

Namun sekarang, kesenjangan itu tidak nampak lagi. Yang wajib antri hanya manusianya saja, bukan motornya.

Birokrasi yang sudah berjalan sepenuh hati, terjalin antara masyarakat dengan instansi kepolisian, semoga dapat berlangsung lama.


Pengalaman Bayar Pajak Motor Tahunan & Ganti Plat Samsat Krian


3 September 2018, saya mengurus ganti plat nomor Honda Supra’un 125 yang sudah mendekati jatuh tempo.

Rencananya tanggal 9 september besok, Supra’un 125 saya sudah mau mati.  Sehingga mau tidak mau, motor butut ini harus diberi label plat yang baru. Jika tidak ingin diblokir dan dikubur besok.

Untungnya Honda Supra’un 125 ini sudah resmi berganti kepemilikan yang syah. Menjadi hak atas nama pribadi. Heru Sutimbul. Sejak 5 tahun lalu.


Dengan santai, seperti kebiasaan yang sudah-sudah. Mendekati tanggal jatuh tempo, biasanya saya melebihi besaran nominal biaya pajak motor ini 100-200 ribu sebagai upaya jaga-jaga.

Agar tidak kebablasan, tak lupa pembayarannya saya ajukan lebih awal 1 minggu, terhitung sebelum STNKnya mati. Karena merunut tradisi lelaku mbah saya yang menyebut: “Orang bijak koplak, tak boleh telat bayar pajak“. Maka saya ikut tergerak hati untuk ikut melaksanakan pituahnya.

12 komentar untuk “Bayar Pajak Motor Ganti Plat Samsat Krian, Cara Mudah!”

    1. Ganti Plat Nopol kendaraan, berarti sama dengan pajak 5 tahun. Seharusnya memang wajib menyertakan surat kuasa jika orangnya tidak bisa hadir mendampingi

    1. Hai Pak Rudi, untuk persyaratan mengambil BPKB sbb:

      • Harus melampirkan 2x Foto Copy KTP
      • Harus melampirkan 2x Foto Copy pajak motor tahunan yang terbaru / yang sudah dibayar hari ini
      • Harus menyertakan 1 buah BPKP asli untuk di salin

      Semoga membantu 🙂

  1. Jika
    Ngurus ganti pemilik : dr nama pemilik suami ke isteri dng.alamat tetap, pd saat pengurusan ganti plat ( 5 THN ), apa saja syarat yg diperlukan. Saya mohon penjelasan, terima kasih infonya.

    1. Hai Pak Hugeng. Pengurusan Pajak motor 5 tahun, Selagi masih dalam 1 domisili yang sama (1 KK, 1 RT ), tidak usah menyertakan surat kuasa. Bisa langsung diwakilkan.
      Atau biar tidak bimbang, istrinya diseret saja untuk berkenan mendampingi 😛

      Syarat :

      1. KTP Asli
      2. BPKB Asli
      3. STNK pembayaran terakhir, Asli

      Semua berkas ini dibawa saja, lantas di fotokopi.
      Untuk fotokopi nanti, bisa langsung menuju ke koperasi untuk diserahkan. Bilang saja ke bapak petugas fotokopi untuk keperluan ganti plat. Beliaunya sudah paham kok.
      Setelah di bendel dalam 1 dokumen, lantas ikuti arahan dari petugas cek fisik untuk melengkapi 1 blangko cek fisik, dst. Tinggal mengikuti alurnya saja kok pak. 🙂

    1. Motor saya kelahiran 2006. Merek Supra X 125 Double Disk prematur, yang sampai sekarang masih saya pake. Terakhir cabut bendel + Balik nama + pajak tahunan 2016 kena 500an, ngurus sendiri.

      Tahun 2018 ganti plat 5 tahunan kena 390-an. Berhubung di selipin pajak retribusi, tarifnya menjadi 420 xxx.
      Sekarang parkir berlangganan tidak ada. Entah mungkin hanya pergantian istilah saja.
      pajak motor 5 tahunan samsat krian tahun 2018

  2. Ganti plat atas nama orang laen tapi boleh pinjem KTP.na apa saja syarat.na….apa bisa ganti plat dikrian….klu balik nama sekitar hbiz berapa

    1. Hai Pak Haikal 🙂
      Maksudnya ganti plat atas nama orang lain disini: ” Bukan Bea Balik Nama Ya ” ? .
      Kalau kendaraannya masih dalam 1 kabupaten, langsung diurus bisa. Persyaratannya sama, seperti yang tertulis diatas.

      Tapi kalau ganti plat + balik nama yang nama kepemilikannya beda kabupaten/ Ingin mutasi, harus disertai cabut bendel dulu di samsat lama. Tempat kendaraan itu berasal. Agar dibuatkan surat pengantar dari samsat lama.

        Syaratnya, balik awal lagi ke samsat lama. Bilang saja mau mutasi. Sambil melampirkan berkas ini :

      1. › Surat kuasa
      2. › KTP pihak pertama foto kopi
      3. › KTP pihak kedua Foto kopi
      4. › Faktur pajak + BPKB,
      5. › STNK terakhir

Komentar ditutup.

error: Content is protected !!