HomeLiteraturkesehatanHaid Terasa Nyeri dan Tak Lancar? Waspada Pertanda ini

Haid Terasa Nyeri dan Tak Lancar? Waspada Pertanda ini

Haid Terasa Nyeri dan Tak Lancar? Waspadai 5 ini | Siklus bulanan adalah siklus yang sangat penting bagi perempuan dewasa. Secara medis, haid yang teratur menjadi salah satu indikator tubuh sedang dalam performa metabolisme yang baik.

Masa menstruasi pada perempuan akan terjadi sekitar 3 sampai 7 hari ataupun lebih. Meski umumnya siklus haid akan dialami secara rutin dan dapat diperkirakan dengan kalkulator haid berikutnya, nyatanya beberapa hal dapat menyebabkan haid tak teratur dan tak terduga.

haid terasa nyeri
Sumber Gambar : Shutterstock

5 Hal yang Menyebabkan Siklus Haid terasa Nyeri dan Tidak Lancar

Siklus haid yang normal terjadi selama 28 sampai 35 hari sekali. Nyatanya, beberapa wanita bisa saja mengalami siklus haid yang tidak teratur hingga dua sampai tiga bulan sekali. Sementara yang lain bisa saja mengalami siklus haid dua kali dalam sebulan.

1. Adanya Penyakit

Adanya penyakit yang diderita khususnya di organ reproduksi menjadi salah satu penyebab siklus haid menjadi tidak lancar. Contoh penyakit yang dapat menyebabkan haid tidak lancar adalah penyakit yang disebabkan infeksi jamur. Sebaliknya, haid yang tak lancar juga bisa menimbulkan penumpukan kelenjar darah kotor berupa kanker maupun penggumpalan parasit hidup berupa tumor.

2. Menderita Stress

Sadar atau tidak sadar, stress yang dialami seseorang bisa menjadi salah satu pemicu siklus menstruasi yang tidak lancar. Stress bisa menyebabkan siklus haid terlalu cepat ataupun menjadi tak lancar hingga berbulan-bulan.

Hal ini dikarenakan stress akan berpengaruh terhadap hypothalamus yang mengatur produksi hormon. Salah satu hormon yang dipengaruhi oleh bagian otak hypothalamus adalah hormon pengatur haid.

3. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Salah satu hal yang menyebabkan haid terasa nyeri dan tak lancar, dari periode haid tak teratur adalah adanya masalah pada kelenjar tiroid yang terletak di leher. Kelenjar tiroid sangat berperan terhadap metabolisme tubuh serta kinerja organ tubuh yang lainnya. Ketika organ tiroid mengalami gangguan, maka hal ini akan berpengaruh terhadap periode haid seseorang.

4. Berat Badan Turun Drastis

Penurunan berat badan secara drastis tentu tidak selalu bagus meskipun Anda sedang menjalani program diet. Ketika berat badan turun secara mendadak hal ini akan berdampak terhadap periode haid yang tidak teratur.

Cara mengatasi nyeri haid dan memperbaiki periode haid menjadi lebih lancar adalah dengan memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat.

1 komentar untuk “Haid Terasa Nyeri dan Tak Lancar? Waspada Pertanda ini”

  1. Ping-kembali: Mitos Penyembuhan Luka Jika Tidak Dipercaya, Inilah Akibatnya › #Sehat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!