HomekesehatanLactobacillus: Fakta Bakteri Halus yang Bersahabat Dengan Usus

Lactobacillus: Fakta Bakteri Halus yang Bersahabat Dengan Usus

Lactobacillus: Fakta Bakteri Halus yang bersahabat Dengan Usus | Di dunia kesehatan bakteri dikenal ada dua macam, bakteri jahat yang menyebabkan penyakit dan bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh.

Jenis bakteri baik ini ada bermacam-macam, seperti  Bifidobacterium, Eubacterium, dan Lactobacillus. Golongan Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus paling dikenal karena tidak mudah mati dan mudah dikembangbiakkan.

Para ahli gizi kemudian merekomendasikan makanan yang mengandung Lactobacillus yang biasanya hidup di saluran pencernaan. Beberapa di antaranya dibuat dalam bentuk kapsul, selaput, atau obat.

lactobacillus

Agar Anda lebih memahami tentang bakteri baik ini, yuk kenali beberapa manfaatnya di bawah ini!

Bakteri Baik Lactobacillus Menyehatkan Saluran Pencernaan dan Organ Hati

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bakteri baik hidup berkoloni di dalam saluran pencernaan dan cepat berkembang biak. Jika seseorang, khususnya anak mengonsumsi makanan yang mengandung dengan teratur, maka di sistem pencernaan dan hatinya penuh dengan Lactobacillus. Akibatnya, tidak ada tempat bagi bakteri patogen atau bakteri yang menyebabkan penyakit untuk tumbuh.

Saluran Pencernaan dan organ hati menjadi lebih sehat.

Bakteri Lactobacillus Mencegah Diare

Bakteri ini menghasilkan asam laktat. Asam laktat ini dapat membunuh bakteri baik yang terlanjur ada di dalam saluran pencernaan. Selain itu, bakteri ini juga menurunkan resiko infeksi saluran pencernaan atau diare karena meningkatkan jumlah sel T. Sel T ini adalah sejumlah sel darah putih yang berperan melawan infeksi merugikan yang masuk dalam tubuh.

Bakteri Baik Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap penyakit

Seperti sudah dijelaskan bahwa bakteri baik Lactobacillus menghasilkan asam laktat yang meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

Tidak hanya itu, bakteri baik ini juga menghasilkan asam asetat yang menjaga kadar keasaman di saluran pencernaan sehingga daya tahan tubuh semakin kuat.

Dalam kehidupan sehari-hari Anda dapat menemukan bakteri ini dalam tempe dan yogurt yang dibuat dari fermentasi susu. Namun, jika Anda ingin mengkonsumsinya secara teratur maka dapat membeli obat atau kapsul yang mengandung bakteri baik ini di apotek.

Perlu diingat, meski bermanfaat Lactobacillus dalam bentuk kapsul belum diketahui secara pasti pengaruhnya terhadap ibu hamil, menyusui, dan anak di bawah usia 3 tahun. Itupun bukan termasuk multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan. Anda harus meminta saran dokter untuk mengkonsumsinya.

Demikian sekilas tentang bakteri baik yang harus kalian pahami dalam usus kalian sendiri. Semoga bermanfaat!

︾ BAGIKAN JIKA INI BERMANFAAT ︾

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!