HomeReadMipediaLaptop dan Notebook, Perbedaan Tipis Yang Sulit Dikenali

Laptop dan Notebook, Perbedaan Tipis Yang Sulit Dikenali

“Banyak orang menyebut laptop dan notebook”.
“Dan mereka bertanya-tanya, apakah perbedaannya”.
“Sepanjang yang diketahui orang awam terhadap komputer, menganggap perbedaannya terletak pada ukuran”

“Kalau laptop, ukurannya lebih besar ketimbang Notebook.”

Namun benarkah ?


Pengertian Laptop dan Notebook

Ok, asumsi tersebut tidaklah salah. Dan juga, belum bisa dikatakan benar. Karena asal mulanya, hanya ada dua jenis komputer pribadi : Dekstop dan Laptop.

laptop dan notebook

Kenapa namanya itu?

Karena yang satu diletakkan di atas meja (Top of Desk). Dan yang satunya bisa dipakai sambil dipangku paha (Top of Lap).

Berdasarkan penempatannya, komputer dibagi menjadi 3 kategori: yakni dekstop, laptop, dan palmtop.

Untuk dekstop, sudah jelas kita semua paham bahwasanya ditempatkan diatas meja. Laptop dengan awalan “lap” yang berarti pangkuan. Artinya: komputer yang bisa di pangku. Dan Palmtop dengan awalan “Palm” yang berarti genggaman, artinya komputer yang bisa di genggam.

Pada perkembangannya, istilah “Laptop”, sepertinya lebih populer disebut dengan “notebook”. Karena komputer ini, bisa dilipat layaknya sebuah buku atau majalah. Sehingga Laptop, menjadi tidak lagi relevan, karena lebih banyak orang bekerja dengan laptop diatas meja, daripada di letakkan diatas pangkuan. Kecuali pada kondisi tertentu, ketika seseorang itu tidak mempergunakannya tanpa meja.

Semakin hari, teknologi yang dicapai semakin canggih. Dan gadget yang biasa kita gunakan sehari-hari pun, menjadi lebih kecil dan lebih praktis. Salah satu contoh dari kemajuan tersebut, dapat dilihat pada laptop dan notebook.


Ada perbedaan yang cukup signifikan antar keduanya. Namun kenyataannya, banyak orang cenderung menjadi bingung jika membedakan keduanya.

Nah, berhubung Admin blogermie mendapatkan sebuah referensi yang tepat. Dari sebuah perpustakaaan terkemuka di Surabaya, berikut informasi tentang perbedaan laptop dan notebook. Bagi anda yang bingung memilih perbedaannya, sebelum membeli.


LAPTOP

Merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk ke komputer portabel yang kecil. Kinerjanya hampir sama baiknya dengan PC dekstop/ dekstop computer. Walaupun dalam kinerjanya sama dengan komputer dekstop, namun memiliki ketahanan yang lemah. Sehingga memiliki siklus hidup yang lebih pendek.

Laptop memiliki ukuran yang kecil. Dimana kita bisa membawanya kemana-mana, dan dapat dengan mudah meletakkannya di pangkuan saat bekerja.

Dalam segi harga, laptop mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi dibanding komputer PC


NOTEBOOK

Notebook bila diartikan bebas berarti: Buku catatan.

Istilah ini dipergunakan untuk menggambarkan sebuah komputer portabel, bahkan lebih kecil dari laptop dalam hal ukuran. Perbedaannya hanya terdapat pada daya tahan baterai, yang jauh lebih besar.

Dibandingkan itu, Notebook juga disebut PC notebook, karena kenyataannya, notebook berukuran sangat kecil dan bisa difungsikan sebagai buku catatan sederhana.

Karena memiliki ukuran yang sangat kecil, notebook mempunyai keuntungan mudah dibawa kemana-mana. Hanya saja, fitur-fitur yang sederhana dibandingkan dengan Laptop.


Notebook dan Laptop, Mana Yang Lebih Praktis ?

Jika berbicara tentang mana yang baik diantaranya keduanya, maka akan terjadi debat kusir yang tidak akan pernah selesai. Karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan laptop terletak pada kinerja dan kompatibel dengan banyak hardware.

Sedangkan notebook lebih praktis. Memiliki daya tahan baterai, tapi harga yang lebih murahan.

Semua dikembalikan kepada anda, apakah memilih notebook atau laptop. Sesuaikan dengan budget dan keperluan saja.

NB : perbedaan istilah notebook dan laptop diakibatkan pergeseran makna yang notebene berpengaruh pada penempatan posisi pemakai komputer itu sendiri. Padahal intinya, toh mempunyai persamaan sebagai komputer mini, itu saja.


LAPTOP DAN NOTEBOOK, MANA YANG TERBAIK ?

Dalam hal ukuran, yang jelas notebook paling dominan lantaran ukurannya yang tergolong praktis. Siapa sih manusia di dunia ini yang gak mau praktis?.

Masa pakai baterai dari sebuah laptop berkisar 2-3 jam pemakaian. Sedangkan notebook 4-6 jam tergantung kondisi pakai.

Bicara tentang kinerja, laptop memiliki keunggulan diatas notebook. Karena:

  1. Laptop lebih kompatibel dengan hardware manapun, dibanding dengan notebook.
  2. Laptop lebih dulu “merajai” berbagai perangkat keras karena ukurannya yang lebih besar.
  3. Laptop juga menyediakan CD/DVD drive yang kebanyakan belum ada pada notebook.
  4. Sistem pendingin Laptop yang lebih baik, sehingga laptop lebih aman bila saat digunakan sebagai pemrogramman dan editing video

Bagi anda yang aktif dan profesional, ada baiknya menggunakan laptop disamping mendukung aplikasi apapun. Laptop juga dipakai secara luas, khalayak pengguna komputer dekstop pada umumnya. Seperti orang kantoran dan mahasiswa, karena Laptop memiliki ketahanan yang mumpuni ketimbang Notebook.

Baca Juga : Cek Harga Laptop HP Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Tapi, bukan lantas menjadikan aspek notebook keluaran sekarang diciptakan ringkih. Yang jelas, secara terperinci, dapat dilihat dari harganya. Semakin mahal, semakin ada kualitas. Maka, tidak ada salahnya mencoba notebook untuk sekedar sharing jejaring sosial dan browsing


︾ BAGI JIKA INI BERMANFAAT ︾

Dan diharapkan Sharenya

apabila dirasa perlu 🙂
Name
Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!