HomePersonalGENERALMenulis5 Bukti Nyata Jika Cara Membangun Ide Menulis Itu Mudah

5 Bukti Nyata Jika Cara Membangun Ide Menulis Itu Mudah

Blogger yang lama, membangun brandingnya pasti susah payah. Baik dari cara, ide, hingga sumber konten yang diperoleh. Adakalanya juga, di bayang-bayangi rasa bosan dengan aktivitas menulis. Di perparah lagi, jika rasa suntuk datang mendera, makin menjalar menjadi malas akibat kehabisan bahan. Beragam alasan yang membuat cara membangun ide menulis itu nampak sulit diterapkan.

Sudah uzur diketahui, jika menjadi penulis sungguhan itu tidak gampang. Banyak pertimbangan yang membuat kita harus jeli sebelum menerbitkan suatu tulisan, Salah satunya materi referensial, atau sumber ide itu sendiri.

Jika pikiran sedang stress, jangan berharap banyak jika idealisme baru, dapat menyelinap di pikiran. Mungkin itulah yang dinamakan krisis inspirasi, atau tambang ide. Akan tetapi, bukan lantas menjadi hambatan seseorang untuk berhenti menulis.

Saya harap, dengan tidak memiliki ide cemerlang untuk menulis, bukan menunjukkan kita sedang dalam kemunduran kecerdasan. Bukan pula membuat kita putus asa dan memutuskan pensiun. Blogger senior-pun, mungkin masih sering mengalami hal tersebut.

Kalau pikiran kita mulai tergiring untuk mengarah ke situ, hemat saya, hentikan sebentar aktivitas menulis untuk sementara waktu.


Naluri yang terlalu meruncing, terpakai habis untuk berfikir, bisa saja mbeledos. Jika ujung-ujungnya terus menerus kita paksa. Yang terjadi bukan hanya membuat fisik kita makin tak sehat, kefokusan akan mengalami penurunan juga. Tidak produktif dalam mencerna sebuah bacaan.

Lha mencerna bacaan saja susah, apalagi jika hendak dipergunakan untuk menganalisa. Maka tidak ada cara lain, kecuali istirahat sejenak. Sembari melakukan hal-hal lain, yang bisa membuat ide-ide kita kembali terbuka.


Masalahnya. Yang justru menjadi polemik dari pertanyaan estafet diatas adalah memunculkan :

” Bagaimana membangun ide untuk menulis pak Her..? “

Gimana solusinya mencari ide postingan

Sementara, aku sendiri wes sumpek…

Sirahku wes ngelu iki..kakean utang pak Her , dsb”

Dan beberapa pertanyaan preketeg penuh keluhan lainnya.


5 CARA MEMBANGUN IDE MENULIS, DAPAT DIPEROLEH DIMANAPUN

Ternyata, banyak cara mencari ide untuk tulisan itu. Sebatas versi saya lho ya.

Jika diterapkan, boleh saja. Asal tidak mengurangi inspirasi anda untuk tetap kompeten menulis.

Berikut caranya:

1. PIKNIK KE WAHANA TERBUKA

Berlibur bersama keluarga. adalah salah Satu hal yang bisa kita lakukan dalam bentuk yang sangat sederhana. Contohnya: Mengisi hari libur dengan rekreasi ke taman kota, sambil minum es gonjor.

2. CARA MEMBANGUN IDE MENULIS MELALUI TAYANGAN ANIME & SINETRON

Nonton kartun bersama anak. Menyaksikan sinetron bersama istri. Intinya meluangkan waktu demi keluarga tercinta, tidak ada salahnya dipraktekkan.

Dengan mengamati narasi dan alur cerita yang tertuang, sungguh luar biasa. Kadang ide sepele seperti itu, sebersit-pun tidak pernah keluar dari pikiran kita. Tapi lain orang, dapat dengan mudah menemukan ide yang begitu sederhananya, tanpa keluar banyak biaya. Bahkan cukup menulis hanya bermodal dengkul, artikel sudah bisa dimuat.

3. CARA MEMBANGUN IDE MENULIS DENGAN NONGKRONG DI WARUNG KOPI JANDA

Kunjungi warung kopi yang ada di lingkungan sekitaran kita. Beberapanya, pasti buka lebih awal. Dari jam 8 pagi, sampai jam 12 malam. Yang beruntungnya, banyak yang dijumpai telah memasang Wifi.

Nah, di sinilah letak keutamaannya. Kita bisa melakukan browsing, maupun berfacebook ria sepuasnya.

Beragam informasi yang diperoleh dari warung kopi-pun pasti banyak. Dari yang lagi happening, maupun berita lokal seadanya. Itu tak Masalah. Karena disinilah kita berjumpa dengan begitu banyak orang, yang memiliki sudut pandang yang lugas dan cadas secara pemikiran. Cubit-cubit mesrah si pemilik warung kopi, juga tak masalah.

Secara tidak langsung dengan menjalin interaksi obrolan, Kita sudah mengantongi informasi yang sifatnya original. Bisa dibilang pula, komplit luar biasa.

Tak usah menunggu waktu lama. Cari idenya, catat di ponsel anda, bawa pulang, postingkan!

4. MENCARI IDE TULISAN DENGAN MERENUNG DI KERAMAIAN

Saat menuju tempat kerja maupun berkendara, amati sekeliling anda, asal jangan melamun. ( ntar malah nabrak ).

Kejadian-kejadian yang sekelebat mata tampak dari pandangan, dapat kita olah menjadi ide positif. Yang nantinya bisa kita tuangkan menjadi tulisan lho.

Contoh : Dengan tiap hari melihat orang yang hilir mudik dihalte Bus. Atau menyaksikan orang meludah sembarangan, padahal tahu-tahu dilarang meludah kok masih dilaksanakan. Nah, kita bisa mengambil kesimpulan, atas peristiwa tersebut. Dan mengexplorer-nya menjadi sebuah tulisan.

5. FOKUS MENCARI INSPIRASI SAAT BUANG HAJAT

Maap nih…, ide cemerlang bisa muncul, sekalipun di tempat yang jorok. Saat melamun, maupun ketika mengejan di dalam kamar mandi.

cara-membangun-ide-menulis
sumber gambar bejo gmail

Jadikan ide liar tersebut menjadi sebuah planning demi terciptanya kata kunci, maupun judul tulisan. Pengembangan itulah yang membuat kita makin terprovokasi memunculkan ide-ide baru secara spektuler. Untuk kita himpun menjadi suatu naskah/ narasi cerita.

Dengan banyaknya referensi yang didapat. Entah mengukur jumlah unsur, struktur kepadatan. Yang membuktikan peningkatan metabolisme yang membaik ketika buang air. Dengan demikian, bisa dijadikan sumber ide cerita anekdot juga. Jauh lebih terkesan waras sebelum kita masuk kamar mandi bukan?.

Cara ini hanya berlaku bagi Blog yang memiliki keterkaitan topik dengan humor dan parodi.


Dari sekian banyak ide yang muncul, akan lebih banyak lagi yang muncul jika sering melakukan kegiatan di luar rumah. Dimana satu-satunya kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkungan, dapat membuka cakrawala. Manakala kita mau menggalinya dengan mendalam.

Jika kita mau bersikap tolerir terhadap keadaan, cara membangun ide menulis akan datang dengan sendirinya. Dengan begitu, niscaya bagi siapapun yang memiliki situs bertema gado-gado, mampu atasi blog yang sepi kunjungan. Dan sepi dari bahan postingan.

Ingat pepatah saya ini kelak : Tuangkanlah ide-idemu, seperti kamu ikhlas. Seikhlas membuang air senimu. Pokoknya loss, tidak rewel. 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!