HomeTEKNOLOGIaplikasi android gratisCara Gunakan Whatsapp Untuk Menulis & Cari Ide Konten

Cara Gunakan Whatsapp Untuk Menulis & Cari Ide Konten

Fitur-fitur rahasia WhatsApp, tak terhitung terhitung jumlah, dan banyak ditemui. Petunjuk tersembunyi disana, masih banyak yang belum terulas. Nah pernah suatu ketika, Saya melakukan eksperimen, dan menemukan satu hal unik dari aplikasi chat tersebut. Cara gunakan whatsapp untuk menulis dan mencari ide konten, tiba-tiba ketemu dan mengalir begitu saja.Tanpa saya sadari.

Produktivitas dengan dukungan aplikasi android, membuat Smartphone di era digital, semakin lengkap nilai surplusnya. Dengan demikian, tak dapat lagi dianggap sebelah mata jika memiliki handphone mewah, dipakai sebagai alat komunikasi saja. Kehadiran aplikasi-aplikasi percakapan, juga turut membangun fungsi, seiring tatanan zaman dan pola pikir para pengguna. Misalnya cara gunakan whatsapp untuk menulis.


Jika pada tahun 2017 yang lalu, Saya sering menyusun cara menulis konten menggunakan aplikasi catatan bawaan di smartphone. Dengan sedikit kolaborasi Google Keep, Namun mulai sekarang, perlu ada sedikit penambahan pemahaman. Dengan whatsapp untuk menulis, agak lain ceritanya.

Baca Juga : Google Keep, Aplikasi catatan yang tak sekedar ngintip

Sangat saya rekomendasikan bagi teman-teman yang punya profesi serabutan menulis. Untuk memper-gunakan whatsapp dan memasukkannya ke daftar list aplikasi yang wajib ada di Smartphone. Taktik jitu ini, tidak butuh banyak pertimbangan bagi Blogger yang dikejar waktu.

Jika aplikasi WA, baru dikenal lantaran penggunaannya bersifat universal. Untuk sarana berinteraksi dan basis bertukar pesan, maka whatssapp sudah dapat di akali menjadi aplikasi word / penyimpan catatan penting.

Emang Bisa?

Cara gunakan WhatsApp untuk menulis, menyusun, dan penunjang ide

Memang sih, masih sedikit dari orang seperti Saya, yang mau berfikir untuk menyusun konten dari penggalan percakapan. Yang mana telah menjadi kebiasaan, cara gunakan WhatsApp, hanya sebagai sarana hiburan dan perang gambar antar sesama.

Saya sendiri-pun kerap berdialog dengan menyisipkan atribut gambar, emoticon, maupun sticker. Untuk menghangatkan suasana obrolan.

Pada kenyataannya jika diteliti secara seksama, bertukar pesan di Whatsapp itu sama halnya dengan merangkai sebuah cerita. Bait kata-katanya yang rancak, namun masih dalam 1 pranalanya yang berkesinambungan.

Komentar-komentar konyol hasil dari untaian kata-kata yang terlepas, sering Saya pergunakan sebagai narator cerdas. Bahkan bisa dibilang, merupakan satu-satunya sumber ide dan pengetahuan tak terduga, dalam menunjang terciptanya sebuah konten.

Bentuk penggalan kalimatnya-pun, masih belum dikatakan sempurna dan terstruktur secara sistimatis menjadi 1 alenia. Tapi siapa menyangka, dengan sedikit evaluasi dari percakapan yang terlanjur banyak itu, justru menguntungkan ketika telah Saya rangkai kembali.


LANGKAH & CARA GUNAKAN WHATSAPP UNTUK MERANGKAI TULISAN

1. SIMPAN NOMER HP ANDA DI GOOGLE CONTACT. JANGAN LUPA UNTUK MEMBERINYA NAMA / IDENTITAS

Baca Juga : Dark Mode Google Contact APK. Cicipi segera sebelum kehabisan toko!

Sama seperti kontak lain. Setelah Anda membubuhi nama / identitas pada nomer ponsel pribadi tersebut, dijamin Nama Anda akan muncul. Di sinilah proses mengirim whatsapp kepada diri sendiri akan terkabul. 🙂

2. PADA GOOGLE CONTACT, CARI NAMA ANDA TADI. DAN MULAILAH MENULIS DARI IDE APAPUN YANG BERLELERAN.

cara gunakan whatsapp untuk menulis dan mencari referensi konten

Setiap ide yang beterbangan, sayang untuk tidak ditulis. Jika terdapat gagasan liar maupun ide yang mendadak datang, tangkap dan langsung tuliskan saja. Sebelum ide tersebut hilang tertiup janda angin.

Baiknya, Anda jangan terbebani meskipun ide terlanjur menggunung, lantas terburu-buru melakukan edit. Biarkan mengalir apa adanya dahulu. Mengingat, tidak terdapat satupun konten tulisan yang mendadak pergi, tanpa didahului proses jeli untuk merevisi.


3. CARA UNTUK MENULIS: PERGUNAKAN METODE GABUNGAN DARI PENGGALAN CHAT YANG MEMILIKI KETERKAITAN TOPIK

Rangkailah kalimat yang masih sepotong-sepotong itu menjadi paragraf utuh tanpa penggalan. Dengan bantuan copy-paste yang sudah ada. Jika terasa ada kalimat atau paragraf yang terasa stuck, sisipkan kalimat atau kata yang pas agar nampak seirama.


4. JANGAN ENGGAN UNTUK TERUS MELAKUKAN EVALUASI

cara gunakan whatsapp untuk menulis

Jumlah suku kata, maupun penggunaan ejaan sesuai EYD, semua butuh konsep dan perhatian.

Penggunaan simbol dan tanda baca apalagi. Karena tanpa kaidah menulis yang baik, pembaca / pengunjung akan mudah untuk menilai. Lebih teliti lagi, dibandingkan penulisnya sendiri. Dalam membedakan sebuah tulisan kita nyambung atau tidak, mereka tetap raja bagi penulisnya.

Tulisan panjang tanpa memperhatikan EYD, menimbulkan kesan nyelonong tanpa permisi. Tak hanya tak sedap di pandang mata, peletakan tanda baca yang salah menjadi penilaian objektif. Cara untuk menulis seperti itu, justru membuat pembaca jadi enggan untuk kembali. Maka, terus lakukan edit berulang sampai tulisan Anda layak di publikasi.


5. TUNJANG DENGAN APLIKASI / ATRIBUT LAIN UNTUK SIAP DIPUBLISH

Kaji lanjutan. Jika perlu mengubah pemformatan dalam bentuk Word, tak ada salahnya memindahkan dahulu. Bisa menggunakan aplikasi lain, maupun langsung memindahkannya ke Komputer. Cara menulis dengan whatsapp terasa mudah, setelah semua penggalan-penggalan kalimat itu terkumpul utuh.


Bagaimana, cara gunakan whatsapp untuk menulis, Gampang bukan.

Gunakan whatsapp untuk menulis, sedari sekarang.


︾ BAGI JIKA INI BERMANFAAT ︾

Dan diharapkan Sharenya

apabila dirasa perlu 🙂
Name
Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!