HomePersonalGENERALUncategorizedUntung Rugi Memiliki Vespa, Tips Membeli Sebelum Bicara

Untung Rugi Memiliki Vespa, Tips Membeli Sebelum Bicara

Untung Rugi Memiliki Vespa, Tips Membeli Sebelum Bicara – Di dunia otomotif, siapa sih yang tak kenal kendaraan unik ini. Vespa. Demikianlah orang menyebutnya.

Bagi pengguna vespa, kendaraan dengan posisi gigi persneling di tangan ini, tak hanya dikenal sebagai alat transportasi saja. Vespa sudah merupakan belahan jiwa bagi para rider, yang tergabung dalam komunitas VESPA.

Karena saking uniknya, sisi kulturistik, dan keterbatasan spare part motor murah, yang makin langka di pasaran. Membuat mayoritas pecinta vespa tidak peduli dengan hadirnya motor baru berteknologi injeksi.

Sejarah vespa, pertama kali mengudara dari negara, tempat ia diproduksi untuk pertama kali. Yakni Italia. Seiring dengan berjalannya waktu, peminat vespa justru semakin bertambah. Jika anda ingin membeli vespa baru, ada baiknya mengetahui letak untung rugi vespa, terlebih dulu

untung rugi memiliki vespa
Sumber foto : Stocksnap

UNTUNG RUGI MEMILIKI VESPA

KELEBIHAN MEMILIKI VESPA

Motor dengan tampilan klasik ini, memiliki banyak kelebihan yang patut diperhitungkan. Mesin 2-tak yang disematkan didalamnya, sangat awet dan tahan banting.

Jenis kendaraan ini juga terkenal dengan tarikannya yang spontan dan ringan. Tenaganya juga besar sehingga bisa kuat menanjak. Vespa juga dilengkapi dengan sistem pendingin, jadi mesinnya tidak cepat panas dan stabil.

Meski bergaya klasik, namun daftar harga spare part motor vespa sangat mudah dicari. Menurut sumber yang didapatkan dari https://www.smartfren.com/id/shop/entertainment/video, sebagian besar pemilik vespa terlihat lebih percaya diri ketika mengendarainya.

Vespa menjadi kendaraan idaman kaum muda saat ini. Harganya pun sangat bervariasi. Bahkan ada vespa yang setara dengan harga mobil.


KERUGIAN MEMBELI VESPA

Sebagai kendaraan jadul yang terbukti memiliki durabilitas tinggi di tanjakan, bukan berarti vespa memiliki kelemahan.

Setting mesin pada vespa, belum memiliki nilai kalibrasi yang pas dan sesuai. Dimana ketika melakukan Tune-up, setelan karburator-pun masih menggunakan perasaan. Inilah yang membuat para penggunanya kesulitan saat akan mempelajari kerja mesin vespa.

Selain itu, kopling vespa juga sedikit rumit. Meskipun sama-sama menganut rotari basah, seperti halnya motor moderen. Untuk melakukan perawatannya-pun, anda harus bersusah-payah membuka ban belakang terlebih dahulu. Baru kemudian, kampas kopling dapat di copot.

Meski terasa kurang praktis, tapi banyak pecinta vespa yang menganggap ini adalah seni dari mengendarai motor klasik.

Selain kekurangan tersebut, bodi vespa juga terbuat dari logam. Sehingga bobotnya-pun menjadi bertambah. Belum lagi jika terjadi mogok dijalan, pemilik vespa harus dengan rela mendorong menuju bengkel terdekat.

Di satu sisi kerugian lain, yang patut di waspadai adalah nilai estetika vespa itu sendiri. Jika tak rutin dicuci dan di angin-anginkan ketika musim penghujan, justru membuat vespa rentan berkarat.

Untuk mencegah karat itu timbul, Vespa harus benar-benar dirawat seperti Malikah. Sepenuh hati diolesi cairan silikon, agar nampak berkilau. Kalau sudah uzur, mau tidak mau, vespa harus dicat ulang. Perawatannya harus lebih ekstra hati-hati.


Untung rugi memiliki vespa diatas, tidak lantas menyurutkan niat anda untuk meminangnya bukan. Karena mau bagaimanapun, kesan oldiest yang tersaji, membuat vespa memang layak dijual dengan harga tinggi.

Dengan memiliki vespa, anda bisa bergabung dengan komunitas dan bertukar cerita mengenai pengalaman seru, serta sejarah vespa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!