HomeTEKNOLOGISmartphoneTrial & ErrorInilah 5 Efek Ganti Lcd Hp Yang Tak Diketahui

Inilah 5 Efek Ganti Lcd Hp Yang Tak Diketahui

Assalamualaikum pemirsa. Berjumpa kembali dengan offical Blogermie.com. Satu-satunya Weblog yang mengulas beragam hal dengan sudut pandang subjektif, otentik dan spirit yang mendalam. Kali ini, yang mau Blogermie ulas adalah: “Seberapa burukkah efek ganti lcd hp”.

Yang kadang kita tidak tahu, bahkan di sepelekan oleh pengguna smartphone dan gadget.

Bagi mereka yang memiliki budget lebih membeli hape baru, mungkin tak masalah. Namun bagi sebagian pengguna yang minim budget, tentu tidak semata-mata membeli…bagaimanapun alasannya.

Maka solusi yang tepat, ketika smartphonenya cedera akibat terbentur maupun jatuh, adalah di servis. Melakukan penggantian LCD, itu harus.

efek ganti lcd hp android
Ilustrasi

Batal Beli Hp Realme C3 Terbaru

Ketika menulis judul diatas, Saya mengurungkan niat untuk membeli HP Realme C3 untuk sementara waktu.

Memang sih, HP tersebut telah Saya gadang-gadang menjadi incaran karena faktor harganya yang terbilang ekonomis. Namun ada kewaspadaan lain, dari sekian pemicu yang ditimbulkan oleh isu corona.

Mulai dari kerentanan, disinfektan, dan santernya berita yang terdengar. Jika sparepart untuk hp baru keluaran 2020, memang belum tersedia untuk merek-merek tertentu.

Dari toko sparepart hp yang telah menjadi langganan Saya, di WTC Surabaya, membenarkan. Jika Hp keluaran terbaru, belum semuanya memiliki stock aksesoris dan sparepart.

Saya juga belum bertanya mendetail untuk Official Samsung Original. Apakah sudah ada persiapan Stock Sparepart.

Kelangkaan LCD Samsung, bukan lantas dipengaruhi karena tingginya animo masyarakat….akan garansi purna jual, dan kualitasnya yang terbukti awet sejak dulu. Namun karena Harga LCD Samsung, yang hampir rata-rata menyentuh 1/2 dari harga smartphone Samsung itu sendiri.

Hp dengan layar amoled termurah merek Samsung, hanya terdapat pada Samsung A-Series. Dibawah 2 jutaan, ada Samsung A10s.

Samsung A10s adalah Smartphone yang paling manusiawi menurut Saya, ketimbang Anda harus membeli Samsung A101. Mengingat internal memory Samsung A101 hanya 16 GB.


Nah, karena berhubung seminggu ini Saya juga sedang sepi job servis Hp. Berikut ini, Saya bagikan sedikit ulasan dan himbauan 5 efek buruk ganti lcd.

5 Efek Buruk Ganti Lcd Hp Original


  1. Harga mahal dan hanya tersedia di Servis Resmi Official.


  2. Harga mahal, dan mungkin sangat jarang dijual. Tapi dijamin, kualitas bahan dan quality control yang baik. Menjamin sparepart ori, memang tiada tandingan untuk bertahan dalam jangka panjang.

  3. Harus hati-hati. Efek ganti lcd hp yang salah, berpengaruh terhadap kerapian & nilai estetika.


  4. Meskipun LCD dan Touchscreennya terkenal berlisensi dan tebal dari ketahanan. Resiko mudah retak dan pecah, kerapkali terjadi. Jika pemasangannya tidak teliti dan kurang kontrol, bisa-bisa sudutnya malah bergelombang dan kurang rapi ketika dipasang.

  5. Pemasangan harus Presisi dan Rapat


  6. Jika pemasangannya tidak presisi dan tidak diserahkan ke Service Official Resmi, LCD hp rentan goyang dumang. Atau embut-embut.

    Pemasangan LCD yang embut-embut, dikarenakan kurangnya zat perekat / lem. Riskan sekali apabila tergencet sesuatu secara tak sengaja, tiba-tiba retak, walaupun sehelai rambut.

    Terlalu banyak memberikan lem, juga tak bagus. Dampak yang sering ditemui ketika lem berlebihan adalah: LCD smartphone/ Hp, akan nampak diagonal dan tidak lurus.

  7. Memiliki Masa “Life Time” Lebih Lama


  8. Masa pakai LCD Original memang tahan untuk jangka waktu yang panjang dan life time. Namun bukan berarti LCD ori memiliki segudang kesempurnaan. Saking Awetnya, penggunanya juga semakin intens berbuat seenaknya untuk banting-bantingan.

    Tapi tidak apa-apa juga sih. Toh itu hp-hpnya dia. Belinya juga memakai uang-uangnya dia. 😀

  9. Aksesoris Pendukung keamanan Yang Juga Mahal


  10. Semakin Hp itu dibekali sertifikasi IP67 dan IP68 dan anti air (water resistant), seiring itu pula, aksesorisnya juga makin mahal. Terutama untuk temper glass/ pelindung layar. Maka, Anda harus lebih selektif memberikan aksesoris tambahan, seperti pelindung layar dan case.

    Ditambah faktor human error, yang juga turut membangun kecerobohan penggunanya kian rentan drama, demi merusak Hpnya sendiri.

    Misalnya LCD Layar bergetar/ bergoyang akibat ketindihan. LCD bergaris, White spot, atau bahkan LCD Shadow, akibat terlalu sering dipakai bermain game.

  11. Butuh Perawatan Ekstra


  12. Perawatan Smartphone mahal, harus disertai upaya pencegahan dari tindakan menyimpang penggunanya. Salah satunya human error pemiliknya sendiri.

    Otomatis, memperlakukan Handphone, berasa seperti memperlakukan janda. Maka harus lebih ekstra Hati-hati. Dan jangan sampai ponsel terkena air. Karena Sekali kena air dan rusak, harga ganti lcd, bisa sampai ratusan ribu atau bahkan jutaan. Terutama untuk LCD original.



5 Efek Buruk Ganti LCD Smartphone Non Ori


  1. Rentan pecah dan lekas rusak/ tergantung pemakaian


  2. Rentan pecah dan lekas rusak/ tergantung pemakaian. LCD Non ori dirancang untuk kebutuhan pasar konsumen. Bukan jenis prototype.

    Perlu diketahui, ponsel jenis prototype dan ponsel jenis distributor itu nyaris sama. Tapi durabilitas dan software yang disuntikkan, jelas berbeda. *Perbedaan keduanya, akan Saya ulas kapan-kapan saja.

  3. Kontras dan pencahayaan tidak sama/ kontras lebih redup dari LCD original


  4. Kontras dan pencahayaan tidak sama/ kontras lebih redup dari LCD original. Warna sering pudar dan kurang peka jika dilihat dibawah terik matahari

  5. Efek Ganti Lcd Hp Non Ori Yang Pasti: Boros daya.


  6. Komponen non ori, dirancang tidak sesuai standart dan efisiensi. Wajar apabila dalam pemakaian kurang dari 1 tahun, LCD non original, sering mengalami gangguan. Bahkan masa pakai baterai, lambat laun mengalami penurunan performa.

  7. Menjamin tidak presisi, meskipun dimensi sama.


  8. Sekilas memang tampak sama. Tapi begitu diamati, terdapat pembeda yang membuatnya nyaris tak teraba. Ketika dipasang, selisihnya berjarak sekian mm.

    Untuk HP samsung, celah ini terlihat di rongga tengah lubang tombol home…atau pada lubang tuts tombol menu tengah.

  9. Touchscreen lebih tipis – efek ganti lcd hp bisa malah pecah


  10. Saking tipisnya, LCD Touchscreen non ori, hampir tidak memiliki keunggulan-pun.

    Riskan sekali terjadi retak tipis yang tak terlihat tanpa pengguna sadari. Sekali retak, jalur touchsreen juga rawan putus. Salah satu solusi bagi Anda agar terhindar dari retak adalah, membelikan Pelindung Kaca gorilla glass terbaik.


Ok pemirsa. Sekian dulu.

Semoga ditengah badai inflasi ini, efek buruk ganti lcd hp bagi yang belum tahu, sama sekali tidak membantu.

Andaikata harus membeli hp baru, itupun tak masalah. Selagi ada kelebihan dana.


︾ BAGI JIKA INI BERMANFAAT ︾

Dan diharapkan Sharenya

apabila dirasa perlu 🙂
Name
Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!