HomeTEKNOLOGISmartphoneTrial & Error5 Trik Mengatasi Ponsel Terkena Air

5 Trik Mengatasi Ponsel Terkena Air

Memasuki minggu ke 3 bulan Maret, Surabaya tengah dilanda 2 musim sekaligus. Musim hujan dan musim tanggap Corona. Tak hanya berpengaruh pada seberapa rentankah ponsel terkena air, namun juga berdampak terhadap gaya berponsel itu sendiri.

Panic buying yang terjadi selama Corona, tak selalu memberikan efek buruk. Itu terlihat, melalui banyaknya inisiatif dan antisipasi unik yang dicetus. Sebagai jawaban akan pentingnya kewaspadaan diri dalam merawat ponsel masing-masing.



Di Surabaya sendiri, instruksi pencegahan corona, terus diupayakan. Alhamdulillah berhasil. Usaha-usaha disinfektan melalui berponsel, banyak dicanangkan.

Terakhir kali Blogermie berbelanja sparepart hp ke WTC Surabaya, penjualan smartphone baru di sana, memang nampak terlihat Lesu. Omset penjualan, otomatis berkurang.

Baca Juga : 5 Hp Cina Termurah Dibawah Harga Kurang dari 1 Juta

Pun begitu, ada kabar baik yang dapat dipetik. Sejauh pemantauan selama di WTC, Gerai sparepart dan gerai aksesoris handphone, mulai banyak yang kebanjiran job.

Selain menjual sparepart, mereka juga segan menerima tawaran servis dan perawatan. Otomatis selain sparepart, aksesoris smartphone dan tempered glass, paling menjadi incaran dan laris terjual.


Dampak luar biasa Coronavirus yang begitu besar, ternyata ditanggapi secara sadar, sebagai bentuk sikap heroik dan patriotik. Mencintai Hp lama milik sendiri, demi menekan pola hidup konsumtif.

Di satu sisi positif covid-19 yang lain, juga turut andil dalam membangun etika ber- ponsel. Karena membuat orang berfikir rasional, tak terburu-buru membeli sesuatu yang tak perlu.


Ponsel Terkena Air Oleh Keteledoran Pengguna


Ponsel dikenal sebagai gadget elektronik yang rawan terjatuh, apabila sembrono membawanya, bisa berujung petaka. Terlampau sering memasukkannya didalam saku baju cekak maupun longgar, membuat penggunanya riskan berbuat jahil.

Seringnya kecenderungan tersebut dilakukan, membuat mereka lupa posisi dan juga lupa kondisi. Entah pada saat berdiri, maupun dalam posisi jongkok.

Tak jarang dijumpai, pemilik Hp yang terlalu asyik bermain game online, mengalami peristiwa naas disaat berak di kamar mandi. Ponsel akan sering mengalami resiko terjatuh kedalam lubang toilet, maupun ketetesan air.

Sejauh ini, memang sedikit sekali perangkat elektronik seperti ponsel yang dibekali kemampuan anti air.


Cara Cepat Mengatasi Hp Kecemplung Air


Bila suatu saat kita mengalami kejadian ponsel tercebur kedalam air. Misal saat menguras bak mandi, maupun perjalanan jauh akibat cuaca buruk.

Nah, berikut ini tips dari blogermie. Apabila menemui peristiwa ponsel kecebur air, bagi pemula. Yang bingung cara mengantisipasinya tanpa keburu-buru diservis, maupun mencari hp baru sebagai penggantinya:

1. Keringkan Ponsel

A. Mengeringkan Ponsel Terkena Air Saat Kondisi Masih Menyala


  1. Dalam kondisi smartphone yang masih hidup, segera matikan powernya. Ada kemungkinan HP/ smartphone masih bisa tertolong.
  2. Lepas semua isi, chasing, dan baterai yang merekat didalamnya. Jika baterainya tanam, cukup dimatikan saja.
  3. Secepatnya ambil handuk basah maupun tisu yang betul-betul kering. Jangan dikibas-kibaskan. Tapi biarkan airnya merembes sendiri dengan posisi hape berada pada posisi vertikal. Jangan sekali-kali hp dibiarkan terlentang.
  4. Jangan sekali-kali menghidupkan ponsel dalam keadaan belum kering sepenuhnya. Karena hal ini bisa berakibat fatal, konslet pada papan sirkuit mesin didalamnya.
  5. Hindari juga mengeringkan ponsel dengan Hairdryer maupun pengering lain, Karena komponen ponsel, rentan dengan suhu tinggi.

B. Mengeringkan Ponsel Yang Kena Air Dalam Kondisi Device Mati Total


  1. Jangan buru-buru bongkar total.
  2. Keringkan seperti biasa dengan metode sama dengan yang diawal tadi.
  3. Setelah dipastikan permukaan hp sudah mengering 100%, jangan dinyalakan. Tinggal menghilangkan embun didalam Hp. Dengan membenamkannya ke dalam timbunan beras.
  4. Tunggu paling lama 2x 24 jam.
  5. Coba nyalakan. Bila masih dapat ditolong, akan ada tanda-tanda kehidupan yang dominan muncul. Bukan secara visual seperti lcdnya nyala, melainkan tanda semacam getaran/ vibrasi.
  6. Jika LCD tak menyala, tak masalah, coba untuk menghubungkannya HP tersebut dengan konektor usb laptop. Jika di sudut bawah kanan toolbar laptop Anda, muncul tanda terdeteksi device dikenali, itu tandanya mesin HP/ smartphone masih normal. Tinggal melakukan upaya penggantian LCD, maupun komponen lain didalamnya.
  7. Bongkar total, serahkan ke teknisi. Atau coba diperbaiki sendiri, jika Anda mahir memperbaikinya secara otodidak.

2. Gunakan Alkohol Jika Layar LCD Berkedip


Gunakan Alkohol untuk menyerap kelembaban. Alkohol bersifat mudah menguap dan dapat menyerap air dengan cepat.

Disamping itu, Alkohol juga memiliki kandungan senyawa antiseptik. Selain fungsinya yang ampuh sebagai pembersih dan pembasmi bakteri, tangan Anda, juga akan senantiasa steril dari corona.


3. Timbun Dengan Beras


Mungkin terdengar konyol, namun beras memiliki sifat menyerap lembab (alternatif pengganti alkohol).

Oleh karena itu, menimbun ponsel didalam beras selama semalam, juga dapat membantu menurunkan kadar kelembapan ponsel Anda.

Jika masih kesulitan mendapatkan beras, Anda juga bisa menggunakan Gabah padi.

Gabah padi adalah kulit biji padi yang mengering kering. Telah melalui serangkaian proses pemisahan, untuk dijadikan beras.

Daya serap gabah terhadap kelembapan, relatif lebih cepat ketimbang beras.

Sayangnya, gabah padi, makin jarang didapatkan didaerah perkotaan.

Kesimpulan ini saya ambil saat melihat penjual bunga. Mereka menggunakan gabah sebagai media pengganti tanah. Dimana sifatnya yang mudah menyerap air, sehingga tak jarang komposisinya juga dipadu dengan pupuk kandang. Untuk menyuburkan tanaman.


4. Gunakan Drybox


Drybox Adalah sejenis kotak penyimpanan yang dilengkapi dengan serangkaian piranti pengatur suhu. Untuk menjaga kelembapan perangkat selalu stabil, cara meletakkannya-pun tak boleh serampangan.

Drybox harus di tempatkan di ruangan yang kering & banyak memiliki intensitas cahaya.

Dengan menempatkan ponsel didalam Drybox, Anda dapat mengatur agar tingkat kelembaban didalam drybox serendah mungkin. Karena Drybox mahal, telah dibekali sensor suhu.

Andaikata drybox yang murahan, sulit didapatkan. Anda Dapat menggantinya dengan Toples kerupuk, yang terbuat dari Mika. Namun, terlebih dulu, harus Anda harus menaburinya dengan pasir silica.

Hal ini sangat baik dilakukan agar ponsel tetap kering, namun dalam batas yang terbilang aman.

Bila masih kesulitan juga menemukan Drybox, Anda juga bisa memanfaatkan media AC/kipas angin.


Cara Mengeringkan Ponsel Terkena Air Menggunakan AC


Hidupkan AC (Air Conditioining) selama 24 jam. Dengan suhu minimal: 16 derajat Celcius.

Diamkan ponsel yang basah tadi di ruangan ber-AC selama mungkin, guna mengeringkannya perlahan-lahan.

Jangan kuatir berkarat, asalkan ponsel sudah lebih dulu di preteli dan dipisahkan. Terutama komponen baterai.

Cara ini, juga seringkali dipakai oleh Enginering Telkom dari ruangan mesin PABX telpon dan billing server. Yang selalu menggunakan AC, sebagai media penyelaras suhu ruangan. Agar servernya senantiasa awet.


5. Bawa ke Tukang Servis HP


Jika semua usaha sudah diupayakan 100%. Namun tidak berhasil menyalakan ponsel, saatnya untuk membawa ponsel Anda ke teknisi ponsel yang berpengalaman.

Jangan malu untuk bertanya dan mengadukan kronologinya, bahwa ponsel Anda memang bermasalah. Misalnya kecemplung air.

Begitu tahu, efek ganti lcd hp diperlukan sebagai tindakan awal, maka kerusakannya bisa segera ditangani oleh teknisi ponsel


Nah, semoga dengan memperhatikan hal diatas, kita lebih tanggap dan tidak gusar, apabila sewaktu-waktu kita mengalami ponsel terkena air.

Jangan Gegabah beli hape baru ya gaess. Tahun baru 2021 masih jauh soalnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!