HomeTEKNOLOGIaplikasi android gratisWhatsApp Mode Gelap di Android, Isukan Baterai Jadi Irit?

WhatsApp Mode Gelap di Android, Isukan Baterai Jadi Irit?

Setelah menunggu lama, akhirnya sumber terbuka (open source) android. Untuk pengembangan WhatsApp mode gelap di android versi final, secara resmi mengudara kemarin.

3 maret 2020, WhatsApp Dark Mode di Android, tersedia di GooglePlay Store.

Banyak pengguna aplikasi jejaring sosial yang menanti dark mode, dapat terinstal di gawainya. Konon, karena kenyamanan yang ditawarkan. Salah satunya, membuat baterai android lebih irit daya.

Manfaat WhatsApp Mode Gelap Secara Teknis.

Prinsip kerja dark mode itu sendiri, sifatnya dinamis. Dinamisnya ketika kecerahan cahaya dengan dominasi warna hitam, dapat diatur sesuai keinginan.

Saat layar ponsel berubah gelap dan meredup, otomatis kinerja perangkat “dipaksa” untuk tidak membias warna lain yang dianggap tidak perlu. Terutama untuk warna putih, yang diklaim paling boros daya.

Konsep sederhana WhatsApp Mode Gelap, sebenarnya sudah ada semenjak televisi hitam putih diciptakan. WhatsApp Mode Gelap mengadopsi teknologi televisi jadul, yang hanya mempergunakan 2 warna paling dominan. Hitam dan putih. Sementara warna lain, dipakai sebagai penunjang.

Itu sebabnya, selain tidak rakus voltase, TV hitam putih, terkenal irit listrik.

Hal yang bagus, tentu disambut baik oleh pengguna seperti Saya. Selain betah memandangi layar HP, tak ada alasan lain menggunakan whatsapp untuk begadang. Salah satunya mengobrol hal tak penting, bersama teman.

Setelah mengupdate versi terbaru WhatsApp dan beralih tema , warna rgb hitam, abu-abu, dan gradasi warna birunya, langsung menyejukkan mata.

Sebagai informasi, spektrum cahaya biru dari display perangkat elektronik yang selama ini tidak kita tahu, dapat memancarkan gelombang radiasi. Namun dengan intensitas yang tidak tinggi. Ini sudah terjadi dari teknologi panel layar warna TV tabung diciptakan.

Yang dulunya cuma memakai TFT, (Transistor Emitting Diode) hingga sekarang memakai LED. Pengembangan layar yang diperkuat lagi hingga panel amoled yang biasanya kita kenal sekarang.

Mengaktifkan WhatsApp Mode Gelap Cara Ringkas


Untuk memulai WhatsApp Mode gelap/ dark mode. Tinggal masuk: › SetelanChat Tampilan ›Tema

Kerennya, pada tampilan halaman utama, WhatsApp memisahkan percakapan tiap sub lawan bicara dengan memberi border tebal/garis bawah.

Pada setelan default WhatsApp Dark Mode, ikon membulat pada profil pengguna, dan warna link hijau mengambang. Membuat tampilan WhatsApp terbaru, terlihat lebih garang. Namun dengan tidak meninggalkan nuansananya yang adem dan tetap minimalis ketika dipandang.

WhatsApp Dark Mode, Klaim Baterai Android Jadi Irit?


Dalam keterangan WhatsApp dark mode update download yang selama ini kita dengar. Ternyata gembar-gembor WhatsApp mode gelap, dapat menekan konsumsi daya, tidaklah 100 %benar.

Entah ini dikarenakan bug yang tercipta akibat buru-buru update oleh developer, atau semata-mata karena device Saya yang terlampau uzur…Saya juga belum tahu. Semoga ada pembenahan.

Setelah Saya melakukan compare, dengan membedakan visual kedua tema. pada Device android yang sama. Terdapat selisih.

Dimana Whatsapp tema terang, lebih irit 1mAh. Ketimbang tema gelap.

whatsapp mode gelap, perbandingan efisensi daya
Perbedaan konsumsi daya whatsapp mode gelap dan mode standart/ mode terang

Catatan:
Pengujian menggunakan OS Android 7.0 (Nougat).
Didapatkan skor: Tema gelap: 7 mAh, Tema terang: 6 mAh.
Durasi pengetesan: 1-2 menit.
Panel layar: IPS LCD.
Resolusi layar: 1280 x 720 pixel

Cara Mengetahui Pemakaian Daya WhatsApp Dark Mode


  1. Set dulu tema WhatsApp ke Mode gelap.
  2. Keluar dari aplikasi WhatsApp, masuk menu › Setelan / Setting pada device Android Anda.
  3. Klik Tab › Aplikasi / Application.
  4. Cari Aplikasi WhatsApp secara verikal. “W” menurun di urutan paling bawah.
  5. Klik menu › Baterai.
  6. Hasilnya nampak seperti berikut ini:
  7. Sandingkan dengan mengubah Tema WhatsApp menjadi terang, dan ulangi tutorialnya dari awal. Jika ingin tahu trik / tutorial mengetahui WhatsApp mode gelap di Android lebih boros baterai atau tidak.

Setelah Saya tes dengan mengubah temanya menjadi gelap, hanya berselisih beberapa detik, terjadi lonjakan arus.

Tidak terlalu signifikan memang, tapi dapat dijadikan wacana kedepan. Mengingat gradasi warna teks percakapan, harus dituntut over saturated. Guna meningkatkan keterbacaan penggunanya.

Apalagi warna yang digunakan, lebih dari kombinasi 1 warna saja. Alias rata-rata warna hidup.

Bila menggunakan background gelap, otomatis ketebalan warna dan saturasi teks, harus diatur lebih terang lagi di permukaan. Kecuali Panel layar pengguna Smartphone android adalah Panel Oled, atau Panel Amoled. Temperatur warnanya tetap seimbang, tanpa perlu mengubah arah pandangan.

Namun, akan lain ceritanya bagi pengguna smartphone android yang menggunakan panel IPS LCD. Mungkin inilah yang jadi penyebabnya.

Blogermie menjelaskan bahwa: pengumpulan informasi update, tidak selalu harus mendatangkan data yang valid. Dis informasi seperti yang banyak dibayangkan orang, perlu dilakukan pengkajian, melalui penelusuran.

Menurut pria yang suka hobi utak-atik gadget ini, informasi apapun, seharusnya didapatkan melalui sumber-sumber original. Sebelum mengkombinasikan teori referensial sebagai bahan pertimbangan. Maka belilah Smarthone dengan layar irit daya, berteknologi Super Amoled. Seperti Samsung 🙂


︾ BAGI JIKA INI BERMANFAAT ︾

Dan diharapkan Sharenya

apabila dirasa perlu 🙂
Name
Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!