HomeTEKNOLOGISmartphoneTrial & Error4 Cara Merawat Baterai Ponsel Smartphone

4 Cara Merawat Baterai Ponsel Smartphone

Cara Merawat Baterai Ponsel Smartphone ›. Memang, Inovasi tidak selalu langsung bisa diserap oleh pasar. Seperti halnya penemuan baterai baru yang diklaim semakin canggih memasuki abad ini. Dimana terdapat pergeseran istilah, antara baterai biasa, dan baterai tanam. Padahal keduanya, tetap sama saja.

Perbedaan keduanya hanya terdapat pada aksebilitas dan teknikalnya saja. Dimana secara perawatan, baterai tanam akan lebih rumit lantaran pengguna harus membongkar chasis ponselnya terlebih dahulu.

Untuk ulasan lengkap keuntungan dan kerugian baterai tanam, akan Saya tulis di halaman yang berbeda.

Nah, berhubung sekarang zamannya efisiensi, penggunaan pasokan listrik juga harus lebih bijak untuk kita sikapi. Penggunaan listrik yang bersumber dari Baterai, ibarat kata” kehidupan” pada sebuah ponsel itu sendiri. Maka, jika baterai habis, maka ponselpun tak mau hidup.

Jika baterai mengalami kerusakan, ponsel juga bakal sakit-sakitan. Meski komponen ini sering terlupakan, namun keberadaannya mutlak diperlukan.

Jenis-jenis yang mungkin sudah kita kenali yakni Li-ion (Lithium ion), dan Li-Polymer. Namun agar senantiasa memperlakukannya dengan baik, ada baiknya kita merawatnya sedari sekarang.

Cara Merawat Baterai Ponsel Android

Tanpa menggunakan tekhnik-tekhnik canggih atau aplikasi tambahan, sebenarnya kita dapat memperpanjang umur baterai.

buat teman-teman, Berikut tips sederhana untuk menghemat umur baterai versi Saya dari pengalaman pribadi. Bukan versi copas sana-sini:

Menghemat Konsumsi Baterai

  1. Matikan bunyi-bunyian yang tidak perlu seperti bunyi keypad, kamera, bunyi audio saat membuka ponsel.
  2. Jangan menggunakan Mode getar terlalu lama. Vibrator ponsel mengkonsumsi daya lumayan banyak. Lebih baik gunakan volume ringtoe yang lebih kecil jika anda sedang rapat atau gunakan Mode ‘Silent/sunyi’.
  3. Atur backlight ponsel Anda jika tidak sedang digunakan, misalkan atur backlight agar mati setelah 10 menit ponsel saat tidak anda sentuh.
  4. Atur kecerahan hingga 35 % untuk layar dengan panel IPS LCD, dan 50% untuk layar Smartphone dengan panel Amoled.

Menjaga Baterai tetap awet

Terkadang, ada beberapa baterai ponsel yang sanggup bertahan dan masih dapat dipakai bertahun-tahun. Tapi juga, tidak menutup kemungkinan baterai yang baru beberapa bulan sudah tidak dapat dipergunakan lagi.

Berikut tips untuk menjaga dan menghindari baterai cepat rusak/soak:

  1. Jaga jangan sampai baterai terjatuh atau terkena benturan dengan keras karena akan merusak fisik baterai
  2. Matikan ponsel terlebih dahulu sebelum Melepas baterai. Alangkah baiknya bila tidak diabaikan oleh kita jika anda sering melakukannya performa baterai bisa turun drastis
  3. Jangan meletakkan baterai dibawah paparan sinar matahari langsung. karena dampaknya bisa membuat fisik baterai berubah dan baterai rawan menggelembung.
  4. Untuk merawat baterai ponsel agar tidak lekas meledak, jangan meletakkan baterai ditempat berkumpulnya benda-benda logam, dan bermagnet, terutama perhatikan pada jalur konektor baterai yang bisa menimbulkan arus pendek

Bagaimana Merawat Baterai Untuk Smartphone Lawas / Ponsel Jadul

  1. Jika sudah pernah cacat tetapi belum pernah memasuki fase service, usahakan membeli LCD yang original. Efek buruk penggantian LCD kw dan non original tak hanya mempengaruhi performa mesin, tetapi juga membuat baterai android lebih boros. LCD non ori tidak memiliki kalibrasi yang sesuai untuk arus listrik yang dikeluarkan.
  2. Jika Anda memiliki ponsel yang tidak ingin dipakai dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan baterainya adalah baterai tanam, sebaiknya dilepas saja. Lalu masukkan kedalam kulkas. Dalam kondisi suhu normal tanpa terpapar sinar matahari dan tanpa dipakai-pun, baterai rentan kembung.
  3. Pergunakan selalu charge original bawaan pabrik, meskipun bekas. yang penting ori.
  4. Pergunakan sampai baterainya habis 5 %. Baru kemudian, Anda boleh mengisinya lagi sampai penuh. Namun harus di cas dalam kondisi hape mati / Off.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!