HomeTEKNOLOGIFotografi

Fotografi

FOTOGRAFI

Pengertian Foto grafi Dikutip dari Wikipedia, adalah seni atau proses pengolahan gambar dengan bermain-main dengan cahaya.

Memang benar adanya, kebanyakan kita mencari referensi dan pengertian fotografi, berdasarkan sumber yang tertulis. Jawabannya-pun hampir sama semua. Yaitu proses melukis, menggunakan media cahaya.

Ibarat mata fungsi kerja mata manusia. Kebanyakan cahaya yang masuk dan diterima oleh pupil, objek gambar akan lebih lebih terhilang terang/ over/ silau.

Tetapi, yang paling utama dalam seni fotografi, bukan terletak pada piranti fotografi yang dipakai.  Cara mendalami seni foto grafi itu sendiri, lebih ke selera.

Setelah mengetahui pengertian fotografi secara umum, lalu apa yang ada di pikiran anda tentang foto grafi ?

Foto grafi adalah sebuah kegiatan atau proses menghasilkan suatu seni gambar/foto melalui media cahaya dengan alat yang disebut kamera dengan maksud dan tujuan tertentu.


Salah satu jenis fotografi yang masih saya sukai adalah fotografi potrait dan candid.

Foto grafi potrait adalah segala hal mengenai menangkap suasana hati seseorang dengan penekanan ekspresi. Jenis ini tidak perlu menggunakan model profesional, bisa memotret anggota keluarga. Ada banyak cara untuk membuat hasil foto potrait yang menakjubkan.

Foto grafi Candid, sering saya pakai jika hati sedang tidak mood. Dengan menyendiri di taman kota, biasanya saya lebih intens menjadi pencuri. Diam tapi mata celingukan memandangi objek mana yang paling sendu untuk di foto. Hal yang dibutuhkan hanya ketelitian dan jeda sabar untuk tidak terburu-buru menekan tombol shutter.

Moment yang pas, membuat foto Candid terlihat humanis. Karena ekspresi yang ditampilkan dari Objek gambar, sering mencuri perhatian.
Itulah sebabnya, Saya suka mengabadikan momen seseorang yang mentalnya bahagia, atau juga sedang rapuh secara kesadaran. Namun, yang sering saya jadikan eksperimen, juga sering mnggunakan perilaku anak kecil yang tertawa. Sebagai objeknya.

Nah, pada kategori ini, akan akan ada banyak pembeda.  Foto grafi sesuai hasil karya Saya sendiri.
Terlepas dari kaidah yang ada. Saya tetap Fotografer amatir. Jadi, mohon dimaklumi.

Pemandangan Alam: Indahnya Fajar di Ujung Desa

Pemandangan Alam: Indahnya Fajar di Ujung Desa | Di pintu depan pintu rumah ini, seberkas cahaya jingga berusaha menerobos masuk. Polos, punya khas, dan seringkali mengundang rasa takjub. Dalam keheningan yang bercampur dengan semerbak aroma khas bunga rumput, saya bergegas masuk kamar, menyalakan lampu, meraih sesuatu yang terbungkus dalam tas mini…mengambil isinya dan bergegas kembali …

Pemandangan Alam: Indahnya Fajar di Ujung Desa Selengkapnya »

memotret pake hp

Karena Memotret ,1 Frame Berjuta Berkesan

Setiap orang, pasti memiliki kriteria sendiri dengan hal apapun yang mereka gemari ketika memotret. Melakukan apa saja, harus di dahului dengan konsep, teliti dan sangat sistematis. Setidaknya hal itu yang kadang menjadi acuan umum. Tapi, jika pertimbangan tersebut, hanya dijadikan alasan untuk tidak memotret, maka kita akan melewatkan banyak hal manis. Yang jarang terjadi seumur …

Karena Memotret ,1 Frame Berjuta Berkesan Selengkapnya »

error: Content is protected !!